Manajemen kurikulum pendidikan karakter di MAN 1 Tegal

Main Author: Farkhan, Muhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11157/1/NIM1403036079.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11157/
Daftar Isi:
  • Permasalahan Pendidikan pada umumnya selalu dihadapan pada permasalahan Kurikulum, dan kualitas pendidikan. Sehingga untuk mendapatkan tujuan kurikulum yang sesuai dengan Pendidikan Karakter. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; (1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Kurikulum di MAN 1 Tegal? (2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kurikulum di MAN 1 Tegal? (3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Kurikulum di MAN 1 Tegal? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. kajian ini mempunyai empat tahapan yang pertama tahap perencanaan dalam perencanaan bahwa MAN 1 Tegal sudah melakukan perencanaan kurikulum dengan matang, mulai dari menentukan visi misi dan tujuan sekolah untuk dapat menentukan tujuan kurikulum. Kedua tahap pelaksanaan meliputi 3 tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan isi dan kegiatan penutup. Sebelum masuk ke tahap pendahuluan pelaksanaan pembelajaran, peserta didik di MAN 1 Tegal mengikuti TA (Tadarus Qur’an) dan Asmaul Husna. Setelah itu guru memulai pembelajaran dengan warmer, pre teach, scene setting dan terkadang dengan beberapa teaching aids. Kemudian masuk Kegiatan inti. Terakhir adalah kegiatan penutup yang meliputi penguatan dan timbal balik dari kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti. Ketiga tahap Evaluasi meliputi ranah kognitif, ranah psikomotorik dan ranah afektif. adapun Pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam evaluasi kurikulum di MAN 1 Tegal ada dua pihak yaitu pihak intern dan pihak ekstern Kesimpulan diatas bahwa Manajemen Kurikulum di MAN 1 Tegal dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik dan bisa diterima oleh semua Civitas Akademik di MAN 1 Tegal termasuk peserta didik dan orang tua siswa.