Manajemen program prakarya tata busana dan kewirausahaan di MAN Kendal

Main Author: Handayani, Erlina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11154/1/NIM133311016.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11154/
Daftar Isi:
  • Di dalam pendidikan prakarya dan kewirausahaan diperlihatkan diantaranya adalah nilai dan bentuk kerja untuk mencapai kesuksesan. Pendidikan prakarya dan kewirausahaan di madrasah bertujuan untuk penguatan mindset kewirausahaan bagi peserta didik, membuka wawasan bisnis, dan menumbuhkan kreatifitas siswa sebagai pendorong utama untuk meningkatkan kebutuhan dimasa yang akan datang. MAN Kendal menerapkan hal tersebut melalui kegiatan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan diantaranya prakarya tata busana dan kewirausahaan. Dalam skripsi ini penulis menganalisis: bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen prakarya tata busana dan kewirausahaan di MAN Kendal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang di gunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Adapun tehnik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan prakarya tata busana dan kewirausahaan MAN Kendal melalui analisis pekerjaan untuk menyusun program kerja prakarya tata busana dan kewirausahaan dan analisis kebutuhan untuk kebutuhan praktik dan materi. (2)Pelaksanaan prakarya tata busana dan kewirausahaan, di laksanakan pada tahun ajaran baru, sesuai materi ajar/silabus. (3)Evaluasi prakarya tata busana dan kewirausahaan, melalui tes praktik dan teori di bengkel, serta praktik magang/kerja lapangan di industri yang di evaluasi adalah dilihat dari kerapihan, ketelitian dan pengetahuan peserta didik tentang menjahit, pengevaluasian praktik lapangan prakarya tata busana dan kewirausahaan sepenuhnya di lakukan oleh perusahaan industri terkait peserta didik magang.