Pengaruh promosi, motivasi, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunkan jasa layanan gadai pada Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang

Main Author: Sa'adah, Himmatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11100/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11100/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, motivasi, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang. Tehnik pengambilan sample menggunakan purpose sampling dan menghasilkan 100 responden dan diolah menggunakan program SPSS. Tehnik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji statistic yang terdiri dari koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji F. uji asumsi klasik yang terdiri dari normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedasitas, dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa promosi dan pelayanan berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan nasabah, dibuktikan dari t hitung seluruh tabel lebih besar dari t tabel. Sedangkan motivasi berpengaruh negatif terhadap keputusan nasabah. Kemudian varibel promosi, motivasi, dan pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan sebesar 9,629 lebih besar dari F tabel 2,70. Sedangkan koefisien determinasi (R2) diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,231, secara keseluruhan promosi, motivasi, dan pelayanan berpengaruh sebesar 23,1% terhadap keputusan nasabah dan sisanya 76,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.