Strategi pemasaran pada produk Simpanan Sukarela Lancar (SIRELA) di KSPPS Binama Cabang Kaliwungu

Main Author: Khoirunnisa, Lifia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11057/1/TA%20REVISIAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11057/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu. Salah satu produk yang terdapat di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu adalah SIRELA yang merupakan simpanan yang menggunakan akad Mudharabah sehingga penarikan dan pengambilannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dan produk tersebut diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada produk SIRELA dan analisis SWOT pada produk SIRELA di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer maupun data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik pengumpulan data yang melalui metode wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen–dokumen KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, strategi pemasaran pada produk SIRELA yang dilakukan oleh KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu menggunakan 4P yang meliputi; a) product yaitu SIRELA yang menggunakan akad Mudharabah, b) price yaitu bagi hasil yang menarik, c) place yaitu memilih tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh anggota, dekat dengan swalayan dan pusat pendidikan, d) promotion yang digunakan KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu meliputi menyebarkan brosur, promosi melalui sosial media, website, dan menggunakan sistem jemput bola. Kedua, analisis SWOT pada produk SIRELA di KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu yang meliputi; a) strenght yaitu penyetoran dan penarikan dapat dilakukan setiap saat, b) weakness yaitu kurangnya pemahaman karyawan tentang produk SIRELA dan kurangnya biaya promosi, c) opportunities yaitu dengan melihat jaringan masyarakat Indonesia yang tidak asing dengan cara menabung, terutama bagi ibu rumah tangga. Hal ini, memberikan peluang bagi pihak KSPPS BINAMA Cabang Kaliwungu untuk mengembangkan produk SIRELA sehingga diminati anggota dan dapat berkembang, d) threats yaitu persaingan produk SIRELA yang semakin ketat disebabkan anggota sudah kritis dan pandai membanding-bandingkan produk SIRELA di KSPPS BINAMA yang satu dengan yang lainnya.