Peran Komunitas Yatim Care dalam pemberdayaan anak yatim di Panti Asuhan Baitul Falah Tlogomulyo Semarang

Main Author: Mukaromah, Miftachul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11019/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11019/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan realitas yang ada, anak yatim seringkali dilupakan kehadirannya oleh masyarakat sekitar karena masyarakat beranggapan bahwa merawat anak yatim tidak memberikan keuntungan dari segi material. Anak yatim mempunyai hak yang harus di penuhi. Salah satunya ialah hak mendapatkan Pendidikan yang layak agar mampu mengembangakan kemampuan atau ketrampilan serta dapat mengubah sikap agar dapat mengubah masa depan yang lebih baik. Pada dasarnya anak yatim yang tinggal di panti asuhan hanya mendapatkan kegiatan yang monoton seperti sekolah lalu mengaji tanpa adanya pelatihan skill untuk mengali potensi yang ada pada diri mereka. Hal tersebutlah yang membuat Komunitas Yatim Care memberikan program pemberdayaan kepada anak yatim di panti asuhan. Dalam penelitin ini terdapat dua rumusan masalah yakni (1) Bagaimana peran Komunitas Yatim Care dalam upaya pemberdayaan anak yatim di Panti Asuhan Baitul Falah, Tlogomulyo, Semarang. (2) Bagaimana perubahan anak yatim di Panti Asuhan Baitul Falah setelah mendapatkan pemberdayaan oleh Komunitas Yatim Care. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui peran Komunitas Yatim Care dalam upaya pemberdayaan anak yatim di Panti Asuhan Baitul Falah, Tlogomulyo, Semarang. (2) Mengetahui perubahan anak yatim di Panti Asuhan Baitul Falah setelah mendapatkan pemberdayaan oleh Komunitas Yatim Care. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan psikologi sosial. Data dikumpulkan dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tahap analisa data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data reduksi atau merangkum data yang sudah didapatkan di lapangan, data display atau menguraikan data dan conclusionig drawing atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu yang pertama, Komunitas Yatim Care menjalankan perannya yakni sebagai pendidik, memberikan pelatihan-pelatihan yang membuat anak-anak panti asuhan memiliki pengetahuan baru sehingga terdapat perubahan pada aspek pengetahuan, yaitu perubahan pengetahuan yang semakin meningkat. Selain itu, dengan perubahan pengetahuan yang semakin meningkat maka akan ada perubahan sikap pada diri anak-anak panti asuhan. Perubahan sikap terletak pada sikap yang lebih positif terutama meningkatnya kepercayaan diri dan keterbukaan terhadap orang lain. Kedua, peran sebagai fasilitator yakni memberikan pelatihan-pelatihan baru kepada anak-anak panti asuhan dengan berkolaborasi dengan komunitas lain sehingga anak-anak panti asuhan mendapatkan lebih banyak relasi untuk mempermudah masa depan mereka. Ketiga, peran ketrampilan teknik dengan memberikan pelatihan tentang pengorganisasian keuangan dengan memberikan materi pelatihan ketrampilan yang membuat perubahan ketrampilan pada anak-anak panti asuhan yang semakin meningkat.