Strategi goal directed action Indosiar dalam mempertahankan sustainability program dakwah "Mama & AA' Beraksi"
Main Author: | Gustafianto, Derry |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11013/1/skripsi%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11013/ |
Daftar Isi:
- Sebagai salah satu unsur dakwah, media memiliki peran yang sangat besar untuk menyebarkan ajaran agama. Strategi diciptakan untuk meraih penonton sebanyak-banyaknya demi keberlangsungan acara tersebut. Indosiar menjadi salah satu media yang menayangkan acara dakwah, yaitu acara Mamah & Aa‟ beraksi yang sudah tayang sejak tahun 2007. Untuk mempertahankan acara Mamah & Aa‟, Indosiar memiliki strategi yang mereka gunakan agar sustainability program acara ini dapat terjaga. Dalam pembahasannya, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Goal Directed Action Indosiar dalam mempertahankan sustainability program dakwah Mamah & Aa‟ Beraksi. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang Indosiar gunakan untuk mempertahankan sustainability program acara dakwah Mamah & Aa‟ Beraksi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif model Miles and Huberman, teknik analisis datanya adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sumber data yang peneliti dapatkan melalui proses wawancara yang tergolong dalam data primer, seddangkan untuk data sekunder dari penelitian ini adalah share and rate, data penonton, referensi internet dan buku. Hasil penelitian ini menjalaskan bahwa Indosiar mengadopsi strategi kreatif menurut Sydney W. Head, yaitu : Compability (kesesuaian), Habit information (membangun kebiasaan), Control of audience flow (mengontrol aliran pemirsa), convertion of program resources (pemeliharaan sumber daya program), Breadth of appeal (daya tarik yang luas). Dengan strategi kreatif yang diaplikasikan Indosiar dapat mempertahankan sustainability program acara dakwah Mamah & Aa‟ beraksi selama 12 tahun sejak tahun 2007 dengan share 12.5 dan rate 1.1 rata-rata setiap bulannya.