Pengaruh mendengarkan filler religi "Sandi & Fitri" di RRI Pro 2 Semarang terhadap perilaku keagmaan studi terhadap pendengar di Kota Semarang

Main Author: Rifai, Moch.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11010/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11010/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh mendengarkan filler religi “Sandi & Fitri” di RRI PRO 2 Semarang terhadap perilaku keagamaan pendengar di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan angket untuk mendapatkan data. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh mendengarkan filler religi “Sandi & Fitri” di RRI PRO 2 Semarang terhadap perilaku keagamaan pendengar di Kota Semarang. Adapun sampel yang diambil 40 orang dari jumlah populasi 200 orang yang dikhususkan berdasarkan kriteria yang diinginkan dalam penelitian ini, pendengar berumur 15-34 tahun yang benar-benar mendengarkan filler religi “Sandi & Fitri” di RRI PRO 2 Semarang. Penelitian diuji dengan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menyatakan ada pengaruh mendengarkan fillerreligi “Sandi & Fitri” di RRI PRO 2 Semarang terhadap perilaku keagamaan di Kota Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan hasil uji t sebesar 2,991>2,024 yang artinya t hitung lebih besar dari t tabel. Kemudian hasil uji signifikansi pada tabel ANOVA menunjukkan nilai Sig. Sebesar 0,005. Jika dibandingkan dengan nilai α = 0,05, maka nilai Sig. Lebih kecil dari nilai α (Sig. < α), yaitu 0,005<0,05, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa variabel X terhadap variabel Y dapat diketahui dengan melihat nilai R2 pada tabel Model Summary. Berdasarkan tabel didapatkan nilai R square (R2) adalah 0,191 atau 19,1%. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel X terhadap Y adalah 19,1% dan variabel lain yang mempengaruhi variabel Y adalah sebesar 80,9% yang dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar variabel yang tidak diteliti, seperti media lainnya, sosial media, televisi, youtube blog, website, dsb atau berupa pendidikan di sekolah, lingkungan tempat tinggal, dan lingkungan keluarga.