Nilai moral kepedulian sosial dalam program "Siapa Peduli" Trans 7
Main Author: | Ubaidillah, Muhammad Febri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11005/1/FULL%20SKRIPSI_MUHAMMAD%20FEBRI%20UBAIDILLAH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11005/ |
Daftar Isi:
- “Siapa Peduli” merupakan salah satu program reality show yang tayang di TRANS 7. Sesuai dengan judul programnya “Siapa Peduli” berusaha untuk mengetahui seberapa peduli masyarakat terhadap masalah-masalah yang rentan terjadi disekitarnya. Program ini menyampaikan pesan moral kepada para pemirsanya sesuai dengan realitas yang terjadi. Program ini menggunakan format eksperimen sosial dengan menyasar masyarakat perkotaan sebagai target eksperimen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai moral kepedulian sosial dalam program “Siapa Peduli” di TRANS 7?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai moral kepedulian sosial yang terdapat dalam program “Siapa Peduli” di TRANS 7. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber dan jenis data diperoleh dari, data primer berupa vidio tayangan program “Siapa Peduli”, dan data sekunder berupa buku, internet, skripsi, jurnal dan artikel pendukung. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi menurut Krippendorf. Peneliti menggunakan empat tahapan analisis, meliputi unit analisis, kategori, koding data, dan analisis data. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik dokumentasi dan meneliti sebanyak tujuh episode yang tayang pada bulan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam nilai moral kepedulian sosial dalam program “Siapa Peduli” sesuai dengan karakteristik kepedulian sosial. Nilai moral kepedulian sosial tersebut antara lain berupaya menjaga kebaikan (terdapat 16 adegan), memiliki jiwa penuh kasih sayang (terdapat 10 adegan), memberi bantuan kepada orang lain (terdapat 37 adegan), mengekspresikan rasa syukur (terdapat enam adegan), memberi dan membantu dengan ikhlas (terdapat 25 adegan), dan berusaha untuk selalu bersabar (terdapat empat adegan). November 2018 hingga bulan Februari 2019.