Humor sebagai strategi Dakwah (Kajian Terhadapa Program "Ngaji Bareng KH Duri Azhari" Di TVRI Jawa Tengah
Main Author: | Rahmawati, Choirida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10998/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10998/ |
Daftar Isi:
- Menyisipkan humor dalam berdakwah merupakan ciri khas atau strategi dalam berdakwah para kiyai, termasuk salah satunya KH Duri Azhari agar dalam penyampaian tidak membuat jama’ah bosan dan agar adanya daya tarik masyarakat yang lain untuk mengaji, melalui media televisi sangat tepat untuk mengundang daya tarik kepada masyarakat karena jangkauannya yang luas. Berdasarkan masalah diatas, pada penelitian ini maka timbulah rumusan masalah yaitu Bagaimana humor dijadikan sebagai strategi dakwah KH Duri Azhari dalam program “Ngaji Bareng Kyai” TVRI Jawa Tengah ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana humor di jadikan sebagai strategi dakwah dalam kajian tersebut. Kategori bentuk dan jenis humor yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah humor ekspresi, humor indrawi, humor dari segi material atau bahan, humor etis, humor estetis. Sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Dalam penelitian ini data didapatkan dengan metode dokumentasi rekaman video KH Duri Azhari pada Stasiun TV TVRI Jawa Tengah selama 5 kali penayangan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa KH Duri Azhari menggunakan humor literatur dan pantun yang digunakan untuk media pantun dalam menyampaikan lawakannya: cerpen lucu, esai satiris (sindiran), sajak jenaka, pantun jenaka sehingga mad’u mudah menerima pesan dakwah yang di sampaikan beliau.