Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aktif tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok pecahan peserta didik kelas V di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Al Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012, pada pengambilan sampel digunakan metode sampling jenuh, diperoleh kelas V B sebagai kelas eksperimen dan V A sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas VI B sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, pada desain penelitian ini, peneliti membandingkan subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data nama-nama peserta didik dan nilai prestasi belajar matematika kelas V pada semester I dan data-data yang terkait dalam penelitian.. Tes diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum tes akhir tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda pada kelas uji coba. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas, uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t = 3,996 dan t = t = 2,021 dengan α = 5% dan dk = 21 + 17 - 2 = 38. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen (V B) sebesar 80,95 sedangkan kelompok kontrol (V A) sebesar 65,58. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain model pembelajaran Aktif tipe Question Student Have (QSH) berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok pecahan peserta didik kelas V di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012.