Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan blog dakwah dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang tentang blog sebagai media dakwah. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, sedangkan spesifikasi penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang. Dari seluruh mahasiswa di Fakultas Dakwah diambil 15 informan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (interview) terbuka untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Dakwah tentang blog sebagai media dakwah. Selain metode wawancara, peneliti juga menggunakan dokumenter untuk mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan subyek penelitian. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yang telah terkumpul terutama hasil wawancara dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 informan (mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang), 67% menyatakan blog menjadi suatu kebutuhan bahkan gaya hidup sesuai dengan perkembangan IT. 80% mahasiswa menyatakan blog menjadi sebuah media dakwah dianggap sangat bagus dan menarik bagi kegiatan dakwah di era perkembangan IT seperti sekarang ini. Sebanyak 47% mahasiswa menyatakan salah satu kelebihan berdakwah melalui blog adalah koneksi blog yang tidak mengenal jarak dan waktu. Sedangkan 67% mahasiswa menyatakan kekurangannya adalah tidak semua orang mengerti tentang blog. Sebanyak 87% mahasiswa menyatakan bahwa berdakwah melalui blog kurang efektif. Menurut 40% mahasiswa menganggap bahwa blog dakwah yang ideal adalah blog yang tetap berdasar pada Al-Qur‟an dan Hadits. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang tentang blog sebagai media dakwah termasuk kurang efektif karena mad‟u yang dapat menikmati blog dakwah hanya orang-orang tertentu saja seperti kaum intelekual dan akademisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapakan akan menjadi informasi dan masukan bagi masyarakat umum