Perbedaan Prestasi Belajar Peserta Didik Antara Kelas yang Menggunakan Metode Pembelajaran Synergetic Teaching dan Kelas yang Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Fikih Materi Pokok Haji Kelas V Semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Mumtazah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/1/083911087_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/3/083911087_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/2/083911087_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/4/083911087_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/5/083911087_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/6/083911087_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/7/083911087_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1095/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik dalam kelas yang menggunakan metode pembelajaran synergetic teaching dan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran fikih materi pokok haji kelas V semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas. Dimana kelas eksperimen berjumlah 29 dan kelas kontrol berjumlah 27. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode synergetic teaching dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 5,974, dan ttable =2,000 Karena thitung > t table maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran synergetic teaching dan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran fikih materi pokok haji kelas V semester II di MI Miftahul Akhlaqiyah tahun ajaran 2011/2012 dengan rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 83,62 dan kelompok kontrol = 70,19.