Efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) berasis sciense, technology, enginering, mathematics (STEM) pada materi cahaya dan alat optik terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII

Main Author: Yusra, Amruhu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10946/1/skripsi%20full.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10946/
Daftar Isi:
  • tingkat keefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII di SMP N 1 Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP N 1 Kendal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel dua kelas yaitu, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu model PBL berbasis STEM dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda. Data hasil pretest digunakan untuk menguji normalitas dan homogenitas sebagai uji tahap awal, sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis penelitian sebagai uji tahap akhir, kemudian dilakukan uji tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis STEM efektif terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan thitung = 2,497 > ttabel = 1,67 maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan tingkat keefektifannya dibuktikan dengan uji gain sebesar 0,410 dengan kriteria sedang, sehingga model PBL berbasis STEM mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 41%.