Implementasi metode ilham dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur'an di MAN 2 Cirebon
Main Author: | Zahra, Nabila Salwa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10940/1/FIK.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10940/ |
Daftar Isi:
- Menghafal al-Qur’an merupakan kegiatan yang terkesan sulit. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan monoton dan hanya mengaktifkan otak kiri. Salah satu metode yang belum lama ditemukan untuk mengatasi kesulitan dalam menghafal al-Qur’an adalah metode ILHAM. Keberadaan metode ILHAM menjadi solusi bagi sekolah yang memiliki program Tahfiz Al-Qur’an seperti MAN 2 Cirebon. Metode ILHAM mengaktifkan belahan otak kiri dan kanan sekaligus sehingga bisa diterapkan kepada para penghafal al-Qur’an dengan semua tipe belajar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Pendekatan penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi metode ILHAM dalam pembelajaran tahfiz di MAN 2 Cirebon adalah sebagai berikut: muraja’ah, setor hafalan dan input hafalan menggunakan metode ILHAM dengan mengaktifkan kecerdasan matematik, musikal, kinestetik, interpersonal, dan intrapersonal 2) Kendala yang dihadapi oleh pembimbing adalah kemampuan menghafal al-Qur’an siswa tidak sama. Solusi yang dilakukan adalah pembimbing harus menaruh perhatian lebih kepada siswa yang memiliki keterlambatan dalam proses menghafal al-Qur’an dengan mengecek buku rapor hafalan siswa.