Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi momentum dan impuls terhadap hasil belajar siswa kelas X

Main Author: Salim Putra, Muhammad Dzaki Fuad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10935/1/Ful%20skripsi%20dzaki.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10935/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efetivitas penggunaan modul Fisika berbasis integrasi sains dan islam pada materi momentum dan impuls terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X di MA Al-Hadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dan rancangan penelitian Pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis integrasi sains dan islam materi momentum dan impuls dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Modul yang digunakan dalam pembelajaran kelas eksperimen adalah modul yang telah di validasi oleh para ahli, yaitu meliputi: 3 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 ahli integrasi keislaman. Data hasil pretest digunakan untuk menguji normalitas dan homogenitas, sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai posttest siswa kelas kontrol dengan thitung = 2, 466 > ttabel = 1,998. Penggunaan modul Fisika berbasis integrasi sains pada meteri Momentum dan Impuls efektif digunakan dengan kategori efektivitas yaitu sedang dengan nilai N-gain 40%