Pengembangan media pembelajaran majalah fisika terintegrasi keislaman dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata surya untuk SMP/MTS kelas VII

Main Author: Alhanif, Muizzudin Rifki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10934/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20Muizzudin%20Rifki%20Alhanif.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10934/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran memiliki pengaruh besar dalam proses pembelajaran, sehinga perlu adanya media pembelajaran yang inovaif dan kreatif. Peneliti mengembangkan media pembelajaran majalah pembelajaran yang bertujuan untuk mengahasilkan majalah fisika terintegrasi keislmaan pada materi tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan mengetahui kelayakan majalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R & D (Research And Development) menggunakan model Barg & Gall dengan 6 langkah, identifikasi masalah dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba lapangan, hasil akhir. Subyek penelitian merupakan siswa kelas VII A dan VII B MTs Uswatun Hasanah. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk berupa Majalah Fisika Terintegrasi keislaman yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi dengan nilai 4,1 termasuk dalam kategori baik, validasi ahli media dengan nilai 4,44 termasuk dalam kategori amat baik, validasi ahli integrasi Islam dengan nilai 3,67 termasuk dalam kategori baik, validasi guru IPA dengan nilai 4,5 termasuk dalam kategori amat baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran majalah fisika terintegrasi keislaman adalah meningkat. Hal ini dibuktikan dengan uji t-test diperoleh hasil thitung = 4,09, dengan a = 5% dan dk = 20+18-2 = 38 diperoleh ttabel=2,024 menunjukan bahwa thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa pada materi tata surya dengan media pembelajaran majalah fisika lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang pembelajaranya menggunakan LKS.