Daftar Isi:
  • Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture diartikan mengurutkan gambar dengan berkerja sama atau berkelompok. Dengan demikian peserta didik dapat mengurutkan gambar dan mendiskusikan bersama kelompoknya, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture mempunyai ungsur-ungsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro pada materi daur hidup beberapa hewan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk pretest-posttest control desigh. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini mengambil indikator efektivitas metode yaitu menigkatkan hasil belajar peserta didik. meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Dalam ranah kognitif data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test. Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 2,108 dan = 1,67 dengan taraf nyata 5% karena > maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “model pembelajaran kooperatif picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok daur hidup beberapa hewan kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Balen Bojonegoro” diterima.