Pengembangan Pendidikan Karakter Religius Di MTs Al-Khoiriyyah Semarang

Main Author: Faozani, Friki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10887/1/Friki%20Faozani___Friki%20Faozani.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10887/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengembangan karakter religius di MTs Al Khoiriyyah Semarang, Penelitian ini dimaksud untuk menjawab permasalahan “Bagaimana pengembangan Pendidikan karakter religius di MTs Al Khoiriyyah Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs Al Khoiriyyah Semarang. MTs Al Khoiriyyah Semarang dijadikan sumber data untuk mengetahui cara yang diterapkan oleh madrasah dalam mengembangkan Pendidikan karakter religius peserta didik. Adapun data yang didapatkan tersebut diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pendidikan karakter religius di MTs Al Khoiriyyah Semarang diterapkan dengan pembiasaan kegiatan yang mendukung terbentuknya karakter religius yaitu dengan memberlakukan kegiatan ibadah yang sesuai dengan ajaran Islam seperti membaca do‟a sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, membaca asma‟ul husna, shalat dhuha, shalat dhuhur berjama‟ah, tahfidzul Qur‟an, dan BTQ yang dilaksanakan di madrasah. Selain itu juga diterapkan pengembangan sikap religius pada peserta didik yaitu dengan pembiasaan senyum, salam, sapa, dan santun setiap bertemu dengan guru dan teman, hormat kepada guru, dan menjaga kerukunan antar teman. Selain itu juga diterapkan pengembangan diri peserta didik dengan latihan dan pengarahan oleh guru melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler khitabah, rebana/qasidahan, dan al kassaf (pramuka), untuk menumbuhkan sikap mental kuat, beriman, sikap jujur dan disiplin pada peserta didik