Konsep Etika Peserta Didik Perspektif KH. Hasyim Asy'ari Dalam Karyanya Adab Al-Alim wa Al-Muta'allim

Main Author: Hadi, Samsul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10886/1/1403016108.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10886/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah realita dalam pendidikan era sekarang, dimana peserta didik yang seharusnya memiliki akhlak dan kepribadian yang luhur justru malah banyak sebaliknya. Banyaknya kejadian kasus yang sangat memprihatinkan terjadi dalam dunia pendidikan seperti kasus tawuran antar pelajar, minum minuman keras, narkoba dan lain sebagainya. Terbentuknya etika dan akhlak yang mulia pada peserta didik merupakan salah satu tujuan pendidikan. Namun kenyataan di zaman sekarang justru sebaliknya. Eksistensi moral dan etika justru menjadi semakin degradasi dan kurang diperhatikan dalam dunia pendidikan. Kajian tentang etika bukanlah menjadi hal yang asing karena telah banyak diungkapkan oleh para tokoh seperti Imam al-Ghazali, Ibnu Maskawaih, Syech al- Zarnuji, KH Hasyim Asy’ari dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui konsep etika peserta didik perspektif KH. Hayim Asy’ari dalam karyanya Adāb al- ‘Ālim wa al-Muta’alim (2) untuk mengetahui relevansi etika peserta didik perspektif KH. Hayim Asy’ari dalam karyanya Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’alim terhadap pendidikan era sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kapustakaan (library research), yang dilakukan dengan menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari data primer (kitab Adāb al- ‘Ālim wa al-Muta’alim) maupun data sekunder atau dari perpustakaan, jurnal atau yang lainnya.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif literer. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa KH. Hasyim Asy’ari berpandangan bahwa sebagai peserta didik harus memiliki ilmu pengetahuan dan mempunyai etika yang sesuai dengan kaidah atau nilai dalam pendidikan islam. Adapun konsep yang lebih spesifik tentang etika yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah etika peserta didik terhadap dirinya, etika peserta terhadap gurunya, etika peserta didik terhadap ilmu pelajaranya, etika peserta didik terhadap kitab-kitabnya.