Implementasi Hidden Curiculum Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa-Siswi Di MA Al-Khoiriyyah Semarang Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Hidayat, Muhamad Harun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10884/1/1403016014.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10884/
Daftar Isi:
  • Dalam era globalisasi ini, permasalahan kehidupan mengalami perubahan yang sangat pesat. Hal ini menunjukkan kesan bahwa kehidupan sehari-hari semakin kacau tidak karuan. Karena pada era globalisasi semakin digandrungi oleh anak remaja sehingga menimbulkan kemrosotan moral. Begitu mudahnya karakter dipengaruhi hal-hal buruk, maka diperlukannya pembentukan karakter religius untuk para siswa di sekolah. Skripsi ini membahas mengenai implementasi Hidden Curriculum dalam pembentukan karakter religius siswa-siswi di M.A. Al-Khoiriyyah Semaranmg. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan implikasi Hidden Curriculum dalam pembentukan karakter religius siswasiswi di M.A Al-Khoiriyyah Semarang? Sedangkan fokus penelitian yang dikaji adalah bagaimana bentuk pelaksanaan, strategi pelaksanaan, dampak dari pelaksanaan kegiatan Hidden Curriculum terhadap siswa-siswi di M.A Al-Khoiriyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi M.A Al-Khoiriyyah Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasidengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan format dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan siswa-siswi M.A Al-Khoiriyyah. Hasil penelitian diperoleh bahwasannya implementasi Hidden Curriculum dalam pembentukan karakter religius siswasiswi di M.A Al-Khoiriyyah Semarang melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran yaitu memberikan pemahaman kepada siswa-siswi mengenai pentingnya memiliki akhlakul karimah atau karakter Islami dan juga memberikan contoh perilaku terpuji kepada siswa-siswinya, tidak membuka kesalahan siswa-siswinya di depan muka umum, memberikan motivasi kepada siswa-siswinya, membiasakan siswanya ketika berada di lingkungan Madrasah menggunakan peci. Upaya guru dalam membentuk karakter religius siswa-siswi membiasakan dengan kegiatan-kegiatan seperti tadarus Al-Qur`an dan pembacaan Asmaul Husna, mengedepankan budaya mushafahah dan ucapan salam saat berjumpa, sholat Dzuhur berjamaah, khitobah (kultum), dan kajian bulan ramadhan yang diikuti oleh siswa-siswi dan guru-guru yang ada di M.A Al- Khoiriyyah Semarang.