Pengaruh Intensitas Membaca Asmaul Husna Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang

Main Author: Maghfiroh, Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10878/1/123111010.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10878/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Intensitas membaca asmaul husna siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang. 2. Kecerdasan Spiritual siswa kelas VII MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang. 3. Pengaruh Intensitas Membaca Asmaul Husna Terhadap Kecerdasan Spiritual Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Semarang“. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subjek penelitian yang kurang dari 100 orang, yaitu 34 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau questionnaire kepada 34 responden secara langsung di MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu predictor dengan metode skor deviasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Intensitas membaca asmaul husna terhadap kecerdasan spiritualsiswa Di MTs Uswatun Hasanah ,termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang intensitas membaca Asmaul Husna sebesar74,088. Nilai Mean tersebut termasuk dalam kategori baik karena berada pada interval 59-87. Kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Mangkang Semarang termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang kecerdasan spiritual siswa sebesar77,588. Nilai Mean tersebut termasuk dalam kategori cukup karena berada pada interval 59 – 89. Intensitas membaca Asmaul Husna mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Magkang Semarang. Hal itu terbukti dengan hasil perhitungan analisis regresi satu predictor dengan metode skor deviasi sebesar 30,97. Diketahui bahwa F tabel pada taraf signifikansi 5% = 4,15 dan 1% = 7,50. Maka nilai F reg sebesar 30,97, lebih besar daripada F tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Dengan demikian, ada pengaruh positif yang signifikan antara intensitas membaca Asmaul Husna terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Uswatun Hasanah Magkang Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.