Pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di RA Al-Ikhlas Mlaten Mijen-Demak
Main Author: | Hidayati, Ifa Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10811/1/121111074.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10811/ |
Daftar Isi:
- Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam Mengembangkan kecerdasan spiritual Anak di RA Al-Ikhlas Mlaten Mijen-Demak” yang ditulis oleh Nur Ifa Hidayati, NIM: 121111074, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Bagaimana pelaksanan bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di RA Al-Ikhlas Mijen-Demak. 2). Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di RA Al-Ikhlas Mlaten Mijen-Demak. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan sumber data primer adalah sumber data utama tentang pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Dan sumber data sekunder yaitu data pendukung yang terkait dengan pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di RA Al-Ikhlas Mlaten Mijen-Demak. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan teknik analisis yang digunakan menurut Miles dan Humberman yaitu reduksi data, model data, kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: pertama, Pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak yang dilakukan oleh lembaga pendidikan RA Al-Ikhlas yaitu dengan melalui pengaplikasian kegiatan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak yang dilakukan di sekolah meliputi: a). Kegiatan Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan siswa yang dilakukan secara terus menerus dan konsisten setiap saat. yaitu pembiasaan membaca Asmaul Husna, hafalan do’a harian dan hafalan surah-surah pendek . b). Kegiatan mingguan, kegiatan yang dilakukan tidak dilakukan siwa secara terus menerus, kegiatan yang dilakukan siswa beberapa kali dalam seminggu yaitu praktek shalat dhuha, BTQ (Baca, Tulis Al-Qur’an, infaq atau sedekah dan cerita tokoh-tokoh Islami. c). Kegiatan bulanan, kegiatan yang dilakukan dalam jangka tertentu, kegiatan ini biasanya dilakukan beberapa bulan sekali. Yaitu kegiatan karya wisata (Outing Classs) pengenalan lingkungan alam. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat proses bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di RA Al-Ikhlas Mlaten berasal dari beberapa faktor. Faktor yang mendukung yaitu: 1) ) Terjadinya kerjasama yang baik antara guru pembimbing,guru kelas dan orang tua dalam proses bimbingan di sekolah . 2) Adanya sarana prasaranan yang cukup memadai dan menunjang dalam melkukn bimbingan keagaman yang cukup menunjang dalam melakukan bimbingan di sekolah. Adapun faktor penghambat yaitu: 1). Guru kurang mmpu memksimalkan kemampuan yang dimiliki ketik prroes bimbingan berlangsung. 2) Terdapat beberapa anak tidak mengikuti bimbingan dengan baik misalnya anak main sendiri, tidak mendengarkan yang disampaikan guru pembimbing