Pengaruh pembiayaan ARRUM BPKB dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah di Semarang studi pada nasabah cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang

Main Author: Risqiyah, Farizatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10791/1/1505026004.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10791/
ctrlnum 10791
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10791/</relation><title>Pengaruh pembiayaan ARRUM BPKB dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah di Semarang : studi pada nasabah cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang</title><creator>Risqiyah, Farizatur</creator><subject>297.273 Islam and economics</subject><description>Kegiatan sektor usaha kecil menengah (UMKM) tidak selalu berjalan mulus, di Semarang perkembangan UMKM sangat baik, akan tetapi pada tahun 2017 angka pengangguran naik sebesar 6,61%. Sehingga perlu adanya strategi pemasaran yang lebih baik lagi dan permodalan yang memadai. Pembiayaan yang di salurkan oleh pegadaian syariah melalui salah saru produknya Ar-Rahn usaha mikro (ARRUM) belum mencapai target dan mengalami penurunan sebesar 40.28%.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pembiayaan ARRUM dan Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap Perkembangan Usaha mikro kecil menengah di Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif, analisi regresi berganda. Sampel dalam penelitian adalah nasabah yang melakukan pembiayaan ARRUM di Cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang, adapun sampel yang digunakan berjumlah 82 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui koesioner. &#xD; Hasil dari penelitian ini menunjukka bahwa Y = 6,198 + 0,503 X1 + 0,612 X2 +e. Dari uji t (parsial) didapatkan bahwa Pembiayaan ARRUM berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 2,948 dan Strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 3,004. Dari hasil uji F (simultan) didapatkan bahwa pembiayaan ARRUM dan strategi pemasaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 9,833. Nilai R-square sebesar 0,175 atau 1,75%, ini menunjukkan bahwa variabel Perkembangan usaha mikro kecil menengah dipengaruhi oleh variabel Pembiayaan ARRUM dan strategi pemasaran. Sedangkan 98,25% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.</description><date>2019-07-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10791/1/1505026004.pdf</identifier><identifier> Risqiyah, Farizatur (2019) Pengaruh pembiayaan ARRUM BPKB dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah di Semarang : studi pada nasabah cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>10791</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Risqiyah, Farizatur
title Pengaruh pembiayaan ARRUM BPKB dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah di Semarang : studi pada nasabah cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang
title_sub studi pada nasabah cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang
publishDate 2019
isbn 9781505026009
topic 297.273 Islam and economics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10791/1/1505026004.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10791/
contents Kegiatan sektor usaha kecil menengah (UMKM) tidak selalu berjalan mulus, di Semarang perkembangan UMKM sangat baik, akan tetapi pada tahun 2017 angka pengangguran naik sebesar 6,61%. Sehingga perlu adanya strategi pemasaran yang lebih baik lagi dan permodalan yang memadai. Pembiayaan yang di salurkan oleh pegadaian syariah melalui salah saru produknya Ar-Rahn usaha mikro (ARRUM) belum mencapai target dan mengalami penurunan sebesar 40.28%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pembiayaan ARRUM dan Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap Perkembangan Usaha mikro kecil menengah di Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif, analisi regresi berganda. Sampel dalam penelitian adalah nasabah yang melakukan pembiayaan ARRUM di Cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang, adapun sampel yang digunakan berjumlah 82 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui koesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukka bahwa Y = 6,198 + 0,503 X1 + 0,612 X2 +e. Dari uji t (parsial) didapatkan bahwa Pembiayaan ARRUM berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 2,948 dan Strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 3,004. Dari hasil uji F (simultan) didapatkan bahwa pembiayaan ARRUM dan strategi pemasaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah sebesar 9,833. Nilai R-square sebesar 0,175 atau 1,75%, ini menunjukkan bahwa variabel Perkembangan usaha mikro kecil menengah dipengaruhi oleh variabel Pembiayaan ARRUM dan strategi pemasaran. Sedangkan 98,25% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
id IOS2754.10791
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-03-20T16:42:49Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:35Z
recordtype dc
_version_ 1765821643046780928
score 17.538404