Pemanfaatan instagram sebagai sarana promosi pemasaran produk Umama Scarf Cabang Semarang dalam menghadapi persaingan bisnis
Main Author: | Finesti, Yuliana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10790/1/1405026194.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10790/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan zaman yang semakin pesat dengan hadirnya instagram telah merubah cara interaksi sosial dalam komunikasi pemasaran. Tingginya pengguna instagram di dunia maupun di Indonesia menjadikan media ini sebagai sarana memasarkan produk suatu perusahaan, salah satunya adalah Umama Scarf Cabang Semarang. Kajian ini dilatarbelakangi adanya media instagram sebagai sarana pemasaran yang menunjang banjirnya order dari Umama Scarf Cabang Semarang. Akan tetapi disini peneliti menumukan adanya hal yang berlainan dengan teori dalam hal pemasaran. Judul dari penelitian ini adalah “Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Pemasaran Produk Umama Scarf Cabang Semarang dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan instagram dalam penerapan strategi pemasaran Umama Scarf Cabang Semarang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana promosi pemasaran produk Umama Scarf dalam menhadapi persaingan bisnis melalui pemanfaatan instagram, bagaimana promosi pemasaran produk Umama Scarf dalam menhadapi persaingan bisnis melalui pemanfaatan instagram dalam perspektif islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan jenis sumber data skunder yang didapat dengan menggunakan dokumen dan sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap perusahaan Umama Scarf Cabang Semarang. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi pemasaran internet (internet marketing) yang diterapkan oleh Umama Scarf Cabang semarang yaitu melalui jejaring sosial (social media) instagram menggunakan promotionmix yaitu periklanan, humas dan publikasi, promosi penjualan, penjualan pribadi, penjualan langsung. Kelebihan dan kekurangan penggunaan internet (social media) dalam penerapan strategi promosi pada Umama Scarf sebagai berikut: Media promosi intensif yang terjangkau tapi dapat menjangkau. Maksudnya biaya promosinya murah tapi efeknya luas dari berbagai kalangan dan juga daerah. Pelanggan pun bisa akses inforomasi tentang Umama Scarf Cabang Semarang dengan mudah. Sehingga menjadi media pendekatan yang efektif antara perusahaan dengan pelanggan. Setiap media sosial yang digunakan mempunyai karakteristik berbeda yang dapat dioptimalkan dengan baik. Customer Service tidak mampu menjawab semua pertanyaan yang masuk karena banyaknya pesan, sehingga harus memilah pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu. Adanya akun-akun yang mengatasnamakan Umama Scarf dan perusahaan ini haruslah menambah tenaga ahli untuk melengkapi pemasarannya melalui instagram.