Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar fikih kelas V semester II di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hadi Girikusuma materi ketentuan binatang qurban. Penggunaan metode examples non examples diartikan mengurutkan gambar dengan berkerja sama atau berkelompok. Dengan demikian peserta didik dapat mengurutkan gambar dan mendiskusikan bersama kelompoknya, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena metode examples non examples mempunyai ungsur-ungsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk pretest-posttest control desigh. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hadi Girikusuma. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini mengambil indikator efektivitas metode yaitu menigkatkan hasil belajar peserta didik. meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Dalam ranah kognitif data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test. Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 2,709 dan = 1,67 dengan taraf nyata 5% karena > maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “metode examples non examples efektif dalam meningkatkan hasil belajar fikih kelas V semester II materi ketentuan binatang qurban di MI Al-Hadi Girikusuma” diterima.