Hak refund pada jual beli online perspektif hukum Islam dan hukum positif studi kasus di toko online Lazada

Main Author: Jannah, Ulfi Fatkhiyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10747/1/1502036109.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10747/
ctrlnum 10747
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10747/</relation><title>Hak refund pada jual beli online perspektif hukum Islam dan hukum positif : studi kasus di toko online Lazada</title><creator>Jannah, Ulfi Fatkhiyatul</creator><subject>297.273 Islam and economics</subject><description>Teknologi saat ini sangatlah besar, dapat membantu manusia dalam melakukan berbagai kegiatan salah satunya dibidang ekonomi. Misalnya dalam beriteraksi bisnis perdagangan hanya bisa dilakukan melalui dunia maya, yang dikenal sebagai bisnis online. Dalam praktiknya perlindungan konsumen dalam jual beli online tidak jarang menimbulkan masalah. Seperti pembelian produk baju gambar yang di promosikan tidak sesuai dengan warna, ukuran dan kualitas pesanan pembeli. Pada gambar yang di pasarkan seperti saat awal perjanjian berbeda. Pembeli memesan dengan warna hitam tetap kenyataannya setelah barang diterima pembeli dengan warna yang berbeda, keadaan barang yang rusak, kualitas yang tidak sesuai atau barang yang sudah dibeli konsumen tidak dikirim oleh pelaku usaha. Perjanjian diawal berbeda dengan kenyataan .Dengan begitu apa yang dilakukan oleh penjual pada saat pembeli melakukan transaksi online seharusnya pelaku usaha dikenai sanksi dan ganti rugi kepada pembeli yang sudah merasa dirugikan. Karena menyebabkan cacatnya rasa saling rela dan tidak adanya kesesuaian antara sifat atau kreteria barang yang di sampaikan penjual pada pembeli. &#xD; Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan. Pertama, bagaimana praktik khiyar pada konsumen teradap jual beli online di Toko Online Lazada? Kedua, bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pada jual beli online berdasarkan hukum positif dan hukum Islam? &#xD; Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian non doctrinal, yaitu sebuah penelitian empiris dan bersifat kualitatif. Karena sebagian sumber dari penelitian ini berupa informasi dan berupa teks dokumen. Data yang dipakai adalah data yang bersifat deskriptif, yang mengungkapkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan teori-teori hukum yang menjadi objek penelitian. Analisis data dengan menggunakan pendekatan penelitian kulaitatif terhadap data primer maupun sekunder.&#xD; Hasil penelitian ini menyimpulkan, 1. Praktik perlindungan konsumen di Lazada terjadi karena adanya kesalahan yang dilakuakan oleh penjual (seller) kepada konsumen. Pada situs web aplikasi Lazada sendiri sudah memiliki hak refund, langkah-langkah refund di Lazada (pengembalian produk dan dana) untuk para konsumen jika merasa kecewa, tetapi di lapangan pada kenyataannya sistem refund tidak berjalan dengan maksimal karena kendala dari masyarakat 2. Menurut hukum Islam jika dilihat dari objek perlindungan konsumen seharusnya ada penjelasan tentang informasi yang jelas mengenai keadaan produk tertulis maupun tidak tertulis. Akan tetapi di Lazada, pelaku usaha kurang mencantumkan deksripsi secara akurat sesuai produk, oleh karena itu bisa dikatakan bahwa jual beli online di Lazada bisa dikatakan fasid (rusak). Perlindungan konsumen menurut hukum positif sesuai dengan Undang-Undang Pasal 9 Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, jadi disimpulkan bahwa produk yang tidak mencantumkan informasi yang jelas atau tentang keadaan barang yang sebenarnya di Lazada melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen karena mempromosikan suatu produk dengan berlebihan secara tidak benar.</description><date>2019-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10747/1/1502036109.pdf</identifier><identifier> Jannah, Ulfi Fatkhiyatul (2019) Hak refund pada jual beli online perspektif hukum Islam dan hukum positif : studi kasus di toko online Lazada. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>10747</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Jannah, Ulfi Fatkhiyatul
title Hak refund pada jual beli online perspektif hukum Islam dan hukum positif : studi kasus di toko online Lazada
title_sub studi kasus di toko online Lazada
publishDate 2019
isbn 9781502036100
topic 297.273 Islam and economics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10747/1/1502036109.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10747/
contents Teknologi saat ini sangatlah besar, dapat membantu manusia dalam melakukan berbagai kegiatan salah satunya dibidang ekonomi. Misalnya dalam beriteraksi bisnis perdagangan hanya bisa dilakukan melalui dunia maya, yang dikenal sebagai bisnis online. Dalam praktiknya perlindungan konsumen dalam jual beli online tidak jarang menimbulkan masalah. Seperti pembelian produk baju gambar yang di promosikan tidak sesuai dengan warna, ukuran dan kualitas pesanan pembeli. Pada gambar yang di pasarkan seperti saat awal perjanjian berbeda. Pembeli memesan dengan warna hitam tetap kenyataannya setelah barang diterima pembeli dengan warna yang berbeda, keadaan barang yang rusak, kualitas yang tidak sesuai atau barang yang sudah dibeli konsumen tidak dikirim oleh pelaku usaha. Perjanjian diawal berbeda dengan kenyataan .Dengan begitu apa yang dilakukan oleh penjual pada saat pembeli melakukan transaksi online seharusnya pelaku usaha dikenai sanksi dan ganti rugi kepada pembeli yang sudah merasa dirugikan. Karena menyebabkan cacatnya rasa saling rela dan tidak adanya kesesuaian antara sifat atau kreteria barang yang di sampaikan penjual pada pembeli. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan. Pertama, bagaimana praktik khiyar pada konsumen teradap jual beli online di Toko Online Lazada? Kedua, bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pada jual beli online berdasarkan hukum positif dan hukum Islam? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian non doctrinal, yaitu sebuah penelitian empiris dan bersifat kualitatif. Karena sebagian sumber dari penelitian ini berupa informasi dan berupa teks dokumen. Data yang dipakai adalah data yang bersifat deskriptif, yang mengungkapkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan teori-teori hukum yang menjadi objek penelitian. Analisis data dengan menggunakan pendekatan penelitian kulaitatif terhadap data primer maupun sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan, 1. Praktik perlindungan konsumen di Lazada terjadi karena adanya kesalahan yang dilakuakan oleh penjual (seller) kepada konsumen. Pada situs web aplikasi Lazada sendiri sudah memiliki hak refund, langkah-langkah refund di Lazada (pengembalian produk dan dana) untuk para konsumen jika merasa kecewa, tetapi di lapangan pada kenyataannya sistem refund tidak berjalan dengan maksimal karena kendala dari masyarakat 2. Menurut hukum Islam jika dilihat dari objek perlindungan konsumen seharusnya ada penjelasan tentang informasi yang jelas mengenai keadaan produk tertulis maupun tidak tertulis. Akan tetapi di Lazada, pelaku usaha kurang mencantumkan deksripsi secara akurat sesuai produk, oleh karena itu bisa dikatakan bahwa jual beli online di Lazada bisa dikatakan fasid (rusak). Perlindungan konsumen menurut hukum positif sesuai dengan Undang-Undang Pasal 9 Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, jadi disimpulkan bahwa produk yang tidak mencantumkan informasi yang jelas atau tentang keadaan barang yang sebenarnya di Lazada melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen karena mempromosikan suatu produk dengan berlebihan secara tidak benar.
id IOS2754.10747
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-03-20T16:42:49Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:33Z
recordtype dc
_version_ 1765821642892640256
score 17.538404