pengelolaan manajemen risiko layanan mobile banking pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah KCP Purwodadi

Main Author: Ummah, Zazinul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10681/1/1605015064.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10681/
Daftar Isi:
  • Mobile Banking merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagai fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Salah satu bank yang menyediakan layanan mobile banking adalah BRI Syariah, yang dinamakan dengan BRIS Online. Munculnya layanan mobile banking ini memberikan banyak manfaat bagi nasabah, namun selain itu mobile banking juga memiliki beberapa risiko yang timbul akibat penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : bagaimana pengelolaan manajemen risiko layanan mobile banking khususnya di BRI Syariah KCP Purwodadi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research dengan menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder yang pengumpulan datanya didapat dari wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di BRI Syariah KCP Purwodadi dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan manajemen risiko layanan BRIS Online, BRI Syariah mengacu pada SEOJK No. 34/SEOJK.03/2016, (PBI) No.13/23/PBI 2011, dan SEOJK No. 21/SEOJK.03/2017. Untuk menghindari terjadinya risiko-risko yang akan terjadi, BRI Syariah memberikan tips-tips aman dalam penggunaan BRIS Online yaitu dengan menjaga kerahasiaan informasi akun, tidak memilih password yang mudah ditebak dan selalu mengganti password/PIN, kemudian manggunakan fitur Fingerprint dan Face id yang ada pada layanan BRIS Online.