Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Umi, Farikhah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/1/1403096103_SKRIPSI.docx
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/
ctrlnum 10619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/</relation><title>Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019</title><creator>Umi, Farikhah</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)</subject><description>Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019&#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton di MI Ianatusshibyan yang hampir disetiap pembelajarannya menggunkan metode konvensional (ceramah) hal ini menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPS, karena siswa hanya mendengarkan guru ketika memberikan materi sehingga siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, hal ini pula yang menyebabkan siswa kurang bisa meningkatkan motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Pengaruh metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 34, dengan kelas III A yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III B yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen.&#xD; Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata kelompok yang menggunakan metode scramble berbantu media big book adalah 81,76 sedangkan rata-rata hasil menggunakan metode ceramah adalah 72,65. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 4,27 dan ttabel = 1,69 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung &gt; ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata &#x2013; rata hasil kelas eksperimen dan rata &#x2013; rata hasil kelas kontrol dengan pengaruh &#xD; variabel (X) metode scramble berbantu media big book terhadap variabel (Y) motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang sebesar 49,51%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik lainnya.</description><date>2019-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/1/1403096103_SKRIPSI.docx</identifier><identifier> Umi, Farikhah (2019) Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>10619</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Umi, Farikhah
title Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019
publishDate 2019
isbn 9781403096104
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial
menari
musik
sejarah)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/1/1403096103_SKRIPSI.docx
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/
contents Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton di MI Ianatusshibyan yang hampir disetiap pembelajarannya menggunkan metode konvensional (ceramah) hal ini menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPS, karena siswa hanya mendengarkan guru ketika memberikan materi sehingga siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, hal ini pula yang menyebabkan siswa kurang bisa meningkatkan motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Pengaruh metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 34, dengan kelas III A yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III B yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata kelompok yang menggunakan metode scramble berbantu media big book adalah 81,76 sedangkan rata-rata hasil menggunakan metode ceramah adalah 72,65. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 4,27 dan ttabel = 1,69 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata – rata hasil kelas eksperimen dan rata – rata hasil kelas kontrol dengan pengaruh variabel (X) metode scramble berbantu media big book terhadap variabel (Y) motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang sebesar 49,51%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik lainnya.
id IOS2754.10619
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-09-12T06:35:30Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:30Z
recordtype dc
_version_ 1765821668325851136
score 17.538404