Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Main Author: | Umi, Farikhah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/1/1403096103_SKRIPSI.docx https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/ |
ctrlnum |
10619 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/</relation><title>Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019</title><creator>Umi, Farikhah</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)</subject><description>Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton di MI Ianatusshibyan yang hampir disetiap pembelajarannya menggunkan metode konvensional (ceramah) hal ini menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPS, karena siswa hanya mendengarkan guru ketika memberikan materi sehingga siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, hal ini pula yang menyebabkan siswa kurang bisa meningkatkan motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Pengaruh metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 34, dengan kelas III A yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III B yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata kelompok yang menggunakan metode scramble berbantu media big book adalah 81,76 sedangkan rata-rata hasil menggunakan metode ceramah adalah 72,65. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 4,27 dan ttabel = 1,69 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata – rata hasil kelas eksperimen dan rata – rata hasil kelas kontrol dengan pengaruh 
variabel (X) metode scramble berbantu media big book terhadap variabel (Y) motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang sebesar 49,51%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik lainnya.</description><date>2019-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/1/1403096103_SKRIPSI.docx</identifier><identifier> Umi, Farikhah (2019) Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>10619</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Umi, Farikhah |
title |
Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019 |
publishDate |
2019 |
isbn |
9781403096104 |
topic |
371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial menari musik sejarah) |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/1/1403096103_SKRIPSI.docx https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10619/ |
contents |
Pengaruh penggunaan metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI Ianatusshibyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton di MI Ianatusshibyan yang hampir disetiap pembelajarannya menggunkan metode konvensional (ceramah) hal ini menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPS, karena siswa hanya mendengarkan guru ketika memberikan materi sehingga siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, hal ini pula yang menyebabkan siswa kurang bisa meningkatkan motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Pengaruh metode scramble berbantu media big book terhadap motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 34, dengan kelas III A yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III B yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata kelompok yang menggunakan metode scramble berbantu media big book adalah 81,76 sedangkan rata-rata hasil menggunakan metode ceramah adalah 72,65. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 4,27 dan ttabel = 1,69 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata – rata hasil kelas eksperimen dan rata – rata hasil kelas kontrol dengan pengaruh
variabel (X) metode scramble berbantu media big book terhadap variabel (Y) motivasi belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 3 MI Ianatusshibyan Semarang sebesar 49,51%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik lainnya. |
id |
IOS2754.10619 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-09-12T06:35:30Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:35:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821668325851136 |
score |
17.538404 |