Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang
Main Author: | Khotimah, Husnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10613/1/1403016061_SKRIPSI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10613/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Peserta Didik Tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang”. Adapun pokok-pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang data dan penelitiannya bertempat di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk mengadakan keabsahan data pada penelitian ini yaitu triangulasi data. Hasil pengamatan yang diperoleh dari penelitian problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang meliputi: lemahnya pemahaman peserta didik, pendidik yang kurang variataif dalam menggunakan metode, sarana prasarana yang kurang memadai juga menjadi salah satu penyebab masalah belajar, dari segi lingkungan lingkungan sekolah yang kurang dilengkapi dengan ekstrakulikuler keagamaan. Solusi dalam menghadapi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang yaitu dengan menciptakan ilkim kelas yang menyenangkan dalam proses pembelajaran, pendidik menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas agar siswa tertarik untuk belajar, melengkapi sarana prasarana pendidikan serta peduli terhadap lingkungan sekolah dengan menyediakan kegiatan yang dapat menunjang pembelajaran peserta didik.