Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunadaksa kelas VII di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Semarang

Main Author: Faridah, Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10612/1/1403016028_SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10612/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Agama Islam pada anak tunadaksa di Sekolah Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak tunadaksa di SLB YPAC Semarang, 2) Bagaimanakah problematika pada pembelajaran PAI pada anak tunadaksa di SLB YPAC Semarang. Datanya diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik tunadaksa berlangsung seperti pendidikan pada umumnya, hanya saja pelaksanaan dan materi pembelajarannya di sesuaikan dengan keadaan peserta didik yang memiliki kekurangan dalam dalam kecekatanya menerima materi. Pelaksanaan pembelajaran peserta didik tunadaksa sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajarannya, yaitu sebagai pembekalan dalam beragama. Namun, berdasarkan tujuan pendidikan yang sebenarnya pelaksanaan pembelajaran belum berlangsung dengan baik. Ada beberapa hal yang kesulitan bagi anak tunadaksa untuk melaksanakannya, yaitu pembelajaran agama yang berkenaan dengan prektek seperti sholat. 2) Problematika yang ada pada pelaksanaan pembelajaran PAI tunadaksa di YPAC Semarang ini yaitu dalam pelaksanaannya terjadi penggabungan kelas, karena terbatasnya guru agama sehingga waktu dan tempat pelaksanaan pembelajaran semua peserta didik tunadaksa di YPAC dijadikan satu, jadi waktu untuk menyampaikan materi sesuai jenjangnya menjadi berkurang. Hal ini mengefesien waktu pengajar namun tidak efektif dalam menyampaikan materi untuk peserta didik. Dan tidak peserta didik tidak memiliki buku pedoman atau pegangan untuk individu.