Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tahfidz Al-Qur’an juz 30 di kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang 2018/2019

Main Author: Sapittri, Devis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10513/1/FULL%20FIX.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10513/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pembentukan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang suka bolos sekolah, datang terlambat dan berbicara kasar kepada guru serta berkurangnya rasa gemar membaca Al-Qur’an pada siswa. Sehingga diperlukan sebuah usaha atau program untuk mengoptimalkan pendidikan karakter di sekolah. Melalui program tahfidz Al-Qur’an di sekolah dapat membekali siswa agar bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter disiplin dan tanggung melalui program tahfidz Al-Qur’an di kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaannya mencakup pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dan internalisasi nilai karakter disiplin dan tanggung jawab. Guru menggunakan beberapa metode antara lain metode klasikal, muraja’ah, bin-nadhar, dan setoran dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa. Dalam internalisasi karakter disiplin dan tanggung jawab guru menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, dan reward and punishment. Siswa nampak memiliki karakter disiplin dan tanggung jawab. Hal ini terlihat pada akhlak peserta didik selama pembelajaran dan di luar pembelajaran memberikan dampak positif.