Implementasi kurikulum program pendidikan setara diploma satu teknologi informasi dan komunikasi (prodistik) di MAN 1 Ngawi

Main Author: Fajriyyah, Mafruhatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10512/1/Mafruhatul%20Fajriyyah___1503036001.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10512/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika implementasi kurikulum program di Madrasah. Hal tersebut dipicu oleh berbagai permasalahan dalam segi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Program Setara Diploma Satu Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Madrasah, Ketua Program, dan tutor Prodistik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan 1) mengolah dan mempersiapkan data, 2)membaca keseluruhan data, 3) memberi kode data, 4) menerapkan proses coding, 5) Menunjukkan tema/ deskripsi yangakan disajikan dalam laporan, dan 6) pembuatan dan interpretasi penelitian kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) Perencanaan implementasi kurikulum MAN 1 Ngawi dimulai dari a) analisis kebutuhan siswa, masyarakat dan kebutuhan akan ilmu pengetahuan, b) Berlandaskan filosofis pragmatism, c) Desain kurikulum terkorelasi, dan d) membuat rencana induk pengembangan yang meliputi metode perencanaan, pengembangan kurikulum Prodistik, persiapan pelaksanaan antara lain sarana prasarana, sumber daya mansia, sumber daya finansial, dan metode penilaian, 2) pelaksanaan implementasi kurikulum meliputi 2 tingkatan, yaitu kelas (pembelajaran teori dan praktik) dan madrasah (ekstrakurikuler sebagai pendukung program), dan 3) Evaluasi meliputi penilaian formatif permateri dan penilaian sumatif berupa Tugas Akhir.