Analisis kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab mata pelajaran bahasa arab siswa kelas 5 B SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Fachri, M. Iwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10506/1/sKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10506/
Daftar Isi:
  • kesalahan membaca teks bahasa Arab siswa kelas 5B SD Al-Irsyad dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kesalahan membaca teks berbahasa Arab yang terjadi di SD Al-Irsyad Semarang dikelompokan menjadi 2, yaitu perubahan fonem dan pengurangan fonem. Faktor penyebab kesalahan membaca teks bahasa Arab adalah bahan pembelajaran yang kurang menarik, siswa sulit berkonsentrasi, anggapan bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dipelajari, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya dukungan orang tua pada pelajaran bahasa Arab, faktor bahasa ibu dan lingkungan, dan kurangnya minat belajar siswa. Upaya yang telah dilakukan guru adalah menciptakan pembelajaran yang fun, memberi perhatian khusus pada siswa yang kurang dalam membaca teks bahasa Arab, dan menyiapkan sendiri sarana dan prasarana yang belum tersedia.