Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X antara yang Berasal dari MTs dan yang Berasal dari SMP di SMAN 1 Lasem Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari MTs (X1) dengan siswa yang berasal dari SMP (X2) di kelas X SMAN 1 Lasem Rembang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik komparasi, subyek penelitian sebanyak 70, yang terbagi dua kelompok. Kelompok pertama siswa yang berasal dari MTs berjumlah 35 dan kelompok kedua siswa yang berasal dari SMP berjumlah 35. dalam pengambilan sampel, untuk siswa yang berasal dari MTs menggunakan teknik populasi sampel, sedangkan untuk siswa yang berasal dari SMP menggunakan teknik kuota sampling, pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an antara yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP, sedangkan metode wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian bahwa: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari MTs termasuk pada kategori cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 75,34 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 83; 2) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari SMP termasuk pada kategori cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 69,43 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 77; 3) Terdapat perbedaan yang meyakinkan tentang kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X antara yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP di SMAN 1 Lasem Rembang, ditunjukkan oleh rumus t-tes. Di mana nilai to = 4,62 lebih besar dari t yang ada pada tabel t (dk = 68) baik pada taraf signifikansi 5% =1,671 maupun pada taraf signifikansi 1% = 2,390.