Etika belajar dalam kitab Adabul Alim Wal Muta'alim karya K.H. Hasyim Asy'ari
Main Author: | Mustaqim, Imam Nursidiq |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10485/1/pdf%20full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10485/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai etika belajar dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim karya K.H. Hasyim Asy’ari. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peran etika sebagai pondasi dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana etika belajar dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim karya K.H. Hasyim Asy’ari ?. Penelitian ini melalui metode Library Research (Kajian Pustaka) dengan menggunakan analisis deskriptif. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara nin statisti, dengan data primer sebagai sumber data utama dan data sekunder sebagai sumber data pendukung. Adapun metode analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif. Dimana data yang terkumpul kemudian dianalisis secara non statistik, yaitu analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran tokoh yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat dan pemikiran tokoh yang diteliti. Dari penelitian ini ditemukan baha pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang etika belajar yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim adalah sebagai berikut : 1) membersihkan hati; 2) niat; 3) semangat; 4) qana’ah; 5) pandai membagi waktu; 6) mengatur pola makan dan minum; 7) wara’ (menjaga diri); 8) mengurangi makanan yag menyebabkan lemah pikiran; 9) mengurangi waktu tidur; 10) mengurangi pergaulan. Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari mengenai etika yang harus dipedomani oleh peserta didik masih sangat relevan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pada saat ini, terlebih bagi pendidikan Islam.