Studi tentang pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Falah Perum BPI Ngaliyan Semarang

Main Author: Sulung, Miss Chalma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10482/1/skripsi%20lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10482/
Daftar Isi:
  • Taman pendidikan Qur’an (TPQ) merupakan salah satu pendidikan anak usia dini yang bersifat non formal. Pendidikan non Formal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat di laksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur`an di TPQ Al-Falah Perum BPI Semarang dan untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan tentang pembelajaran Al-Qur`an di TPQ Al-Falah Perum BPI Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang langsung dilakukan pada responden. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dari data wawancara kelima responden tentang pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran di TPQ Al-Falah dapat disimpulkan sangat baik. Hal ini dapat dipahami karena keberadaan TPQ Al-Falah sangat membantu anak-anak untuk belajar membaca dan menulis al-Qur’an. Di samping itu anak dapat belajar praktik sholat dan belajar melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat seperti seni rebana dan belajar mewarnai.