Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VI antara yang berlatar belakang pendidikan TPQ dan kyai kampung pada mata pelajaran PAI di SDN Ronggo 01 Jaken Pati
Main Author: | Wulandari, Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10479/1/FULL%20SKRIPSI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10479/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD antara yang berlatar belakang pendidikan TPQ dan Kyai Kampung. Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat begitu bermanfaat dan pentingnya mempelajari Al-Qur’an sejak dini di tengah kondisi keberagamaan suatu masyarakat desa yang tidak terlalu kuat dan religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDN Ronggo 01 antara yang berlatar belakang pendidikan TPQ dan Kyai kampung pada mata pelajaran PAI. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (field research) dengan menerapkan metode kuantitatif dan analisis statistic deskriptif. Teknik pengumulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan analisis Uji-t Independen. Adapun hasil dari penelitiannya menunjukkan bahwa: “tidak ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang berlatar belakang TPQ dan Kyai kampung pada mata pelajaran PAI.” Pernyataan tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dari hasil t hitung sebesar 1,091. Sedangkan t tabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu 2,048. Ini berarti nilai t yang diperoleh dari hasil obeservasi lebih kecil dari nilai t dalam tabel pada taraf signifikansi 5%.