Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung Grobogan

Main Author: Kasanah, Kuswatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10462/1/skripsi%20full.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10462/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius yang lingkupnya berada di sekolah umum/SMA Negeri 1 Karangrayung, Grobogan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung, Grobogan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja kreativiatas yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung, Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field resarch). Jenis penelitiannya adalah kualitatif, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data penelitian terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan data deskriptif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di SMA N 1 Karangrayung yakni : kreativitas yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi dua kategori yakni kreativitas dalam pembelajaran dan kreativitas di luar jam pembelajaran atau melalui kegiatan keagamaan. Adapun dalam pembelajaran di kelas yaitu adanya kegiatan tadarus al-Qur’an, membaca doa sayyidul istighfar, hafalan-hafan surat pendek dan infaq setelah pelajaran selesai. Sedangkan kreativitas yang dilakukan diluar jam pelajaran atau kegiatan keagamaan yaitu melalui peran aktif guru dalam membina organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) dan mengembangkan kegiatan kegiatan terkait keagamaan seperti baca tulis al-Qur’an (BTA), pembinaan shalat jama’ah, pembuatan Khat/Kaligrafi dan peringatan hari besar Islam (PHBI). Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan informasi bagi mahasiswa, para pendidik, dan sekolah untuk terus memaksimalkan dan meningkatkan kreativitas guru dalam kaitannya menanamkan nilai karakter religius.