Pengaruh penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Main Author: | Sholikhah, Lailatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10452/1/skripsi%20lengkap%20new.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10452/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana penguasaan ilmu tajwid siswa kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaiamana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Apakah ada pengaruh penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana menggunakan seluruh responden sebanyak 64 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengambilan data melalui tes tertulis pilihan ganda, tes praktik dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Penguasaan ilmu tajwid siswa kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 31. 2) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 78,64. 3) dari perhitungan analisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut N – 2 = 62 dimana pada taraf signifikansi 5%, Fhitung= 294,87 > Ftabel= 4,00. Sedangkan pada taraf signifikansi 1% Fhitung= 294,87 > Ftabel= 7,06, maka hasil perhitungan menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Fatahillah Bringin Ngalian Semarang. Dengan demikian pengajuan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sedangkan sumbangan pengaruh penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca al-Qur’an diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 82,6%, sisanya 17,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.