Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP 18 Semarang
Main Author: | Masruroh, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10450/1/skripsi%20lengkap.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10450/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP 18 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: bagaiman tingkat persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutp pelajaran?; bagaimana tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP 18 Semarang?; bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif lapangan (field research). Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple rondom sampling dan instrument yang digunakan menggunakan angket. Sedangkan deskripsi data menggunakan teknik analisis ststistik, pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus korelasi product moment, uji t, analisis regresi dan uji signifikansi. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 50,625 pada interval 51-54. Tingkat motivasi belajar PAI juga pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 31,2 pada interval 29-32. Dan hasil uji signifikansi memperoleh nilai sebesar Fhitung = 30,007 > Ftabel = 3,900 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil R = 0,400 artinya terdapat pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP 18 Semarang berada pada kategori sedang. Nilai determinasi (R Square) sebesar 0,160 artinya kontribusi keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa sebasar 16%. maka hipotesis kerja (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sehingga ada peningkatan motivasi bealajar PAI siswa kelas VIII SMP 18 Semarang.