Pengaruh intensitas komunikasi terbuka orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) peserta didik kelas XI SMA Negeri 02 Brebes

Main Author: Rahmayani, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10448/1/Ayu%20Rahmayani___1403016025.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10448/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pola komunikasi terbuka yang terjadi antara orang tua dengan anak, prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan pengaruh intensitas komunikasi terbuka orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar anak pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 02 Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian lapangan, yang dilaksanakan di SMA Negeri 02 Brebes. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Masing-masing kelas memiliki jumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua metode, yaitu metode angket dan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi satu prediktor. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) intensitas komunikasi terbuka orang tua dengan anak pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 02 Brebes termasuk dalam kategori sedang, yaitu berada pada interval nilai 69-76 dengan nilai rata-rata 72.4, dan dengan nilai simpangan baku 7.60. (2) prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas XI di SMA Negeri 02 Brebes termasuk dalam kategori sedang, yaitu berada pada interval nilai 88-90 dengan nilai rata-rata 89.4, dan dengan nilai simpangan baku 2.71. (3) hasil dari uji hipotesis, menghasilkan persamaan regresi Ŷ= 84.017 + 0.074 X, dan hasil varians garis regresi pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Fhitung 2.88 dan nilai Ftabel 3.99. jika dikonsultasikan, maka Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Dengan demikian hasilnya tidak signifikan. Sedangkan kontribusi besarnya pengaruh intensitas komunikasi terbuka orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas XI SMA Negeri 02 Brebes sebesar 4.3%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara intensitas komunikasi terbuka orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMA Negeri 02 Brebes tetapi tidak signifikan.