Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Prateepsart Islam Wittaya School

Main Author: Charotmah, Miss Ilharm
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10447/1/Miss%20Ilharm%20Charotmah___1403036109.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10447/
Daftar Isi:
  • Dalam suatu lembaga sekolah dibutuhkan seorang pemimpin yang didasarkan pada jati diri bangsa yang hakiki, bersumber nilai-nilai budaya dan agama serta mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi di dunia pendidikan. Salah satu upaya kepala sekolah dalam memajukan sekolah agar berkinerja baik yaitu dengan melakukan pembinaan kepada guru melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru di Prateepsart Islam Wittaya school Thepha, Thailand. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Prateepsart Islam Wittaya School Thepha Thailand, adalah pemimpin yang menggunakan pola kepemimpinan transformasional. Kendala kepemimpinan kepala sekolah adalah guru-guru sebagian belum mempunyai rasa tanggungjawab sebagai guru yang baik, beberapa guru masih mempunyai skill atau keterampilan dibawah standar seorang guru professional, dan sebagian guru belum bisa menggunakan alat dan media pembelajaran secara efektif. Saran saya terhadap tenaga pendidik di Prateepsart Islam Wittaya School Thepha Thailand, adalah untuk berusaha menjadi guru yang professional dengan menguasai materi dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar guru juga dapat meningkatkan kinerjanya, selalu mengembangkan diri dengan banyak berprestasi, terus mengembangkan kelompok kerja guru yang aktif dan kreatif agar berkembang lebih professional, sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan dan nama baik lembaga pendidikan.