Manajemen supervisi kunjungan kelas di MTs Darul Ulum Semarang
Main Author: | Utami, Farida Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10431/1/FUU%20PDF.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10431/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Supervisi Kunjungan Kelas di MTs Darul Ulum Semarang. Kajian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya ialah kurangnya kesiapan administrasi dari guru seperti RPP dan silabus, guru menggunakan metode yang monoton, guru yang kurang memperhatikan kelebihan maupun kekurangan masing-masih atau masih kurangnya evaluasi diri dari guru. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang (1) Bagaimana perencanaan supervisi kunjungan kelas di MTs Darul Ulum Semarang (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi kunjungan kelas di MTs Darul Ulum Semarang (3) Bagaimana evaluasi supervisi kunjungan kelas di MTs Darul Ulum Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian di analisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah : 1) perencanaan supervisi kunjungan kelas didahului dengan pembentukan tim supervisi kunjungan kelas, kemudian menentukan jadwal dan menentukan instrumen penilaian; 2) pelaksanaan supervisi kunjungan kelas menggunakan instrumen penilaian silabus, instrumen penilaian RPP, instrumen monitoring dan instrumen supervisi kunjungan kelas; 3) evaluasi supervisi kunjungan kelas dilaksanakan dengan menggunakan penilaian kolaboratif, kemudian di tindak lanjuti dengan pembuatan evaluasi diri kinerja guru dan mengikuti pelatihan-pelatihan maupun workshop sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya.