Efektivitas penggunaan modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan integrasi sains dan Islam terhadap hasil belajar siswa
Main Author: | Sangadah, Fatikhatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10420/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10420/ |
Daftar Isi:
- Ilmu pengetahuan saat ini berkembang pesat, disisi lain Islam masih berdiri sendiri sehingga terjadi dikotomi keilmuan antara Sains dengan Islam. Tercapainya tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan respon siswa pada penggunaan modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan integrasi sains dan islam terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling dengan bentuk sampling purposive. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan intrgrasi sains dan islam dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan observasi. Data hasil pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai thitung=0,789 > ttabel=0,681 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa penggunaan modul fisika materi momentum dan impuls berpendekatan integrasi sains dan islam efektif terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat efektivitas sebesar 0,7 kategori sedang dan mendapat respon dari siswa sebesar 80,75% kategori baik.