Pengaruh metode pembelajaran pictorial riddle terhadap pemahaman siswa materi tekanan zat cair siswa kelas VIII MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang

Main Author: Zaimah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10414/1/full.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10414/
Daftar Isi:
  • Penggunaan metode pembelajaran yang tepat, bervariasi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Pemahaman siswa Materi Tekanan Zat Cair Siswa Kelas VIII MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari seluruh kelas VIII di MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan VIII-C sebagai kelas eksperimen. Variabel yang diteliti adalah peningkatan pemahaman siswa materi tekanan zat cair, dengan desain eksperimen control group pretest-post test design. Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t.Analisis tahap awal menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki variansi sama dan rata-rata nilai pretestnya tidak berbeda. Analisis tahap akhir menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan peningkatan pemahaman siswa yang signifikan. Uji gain pemahaman siswa sebesar 0.56% pada kelompok eksperimen dan 0.44% pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Pemahaman Siswa Materi Tekanan Zat Cair Kelas VIII MTs Islamiyah Syafi’iyah Rembang. Peningkatan pemahaman siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.