Efektivitas pembelajaran quantum learning dengan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi tata surya kelas VII MTS NU 05 Sunan Katong Kaliwungu
Main Author: | Atifah, Atifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10413/1/skripsi%20full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10413/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran Quantum Learning dengan metode Mind Mapping pada materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan di MTs tersebut belum bervariasi yaitu dengan metode konvensional (ceramah). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen yang menggunakan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode cluster random sampling, sehingga dalam penelitian ini diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Quantum Learning dengan metode Mind Mapping efektif terhadap hasil belajar siswa serta menjadikan siswa lebih aktif dan pembembelajaran menjadi lebih menarik.