Pengembangan buku petunjuk praktikum biologi dengan metode inquiry terbimbing terintegrasi nilai- nilai Islam materi sistem pencernaan makanan pada manusia di MA NU 03 Sunan Katong Kendal
Main Author: | Fujiyanti, Hersy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10409/1/skripsi%20full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber belajar yang kurang bervariasi, yang menyebabkan pemahaman dan proses berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi khususnya materi sistem pencernaan makanan pada manusia di sekolah MA NU 03 Sunan Katong Kendal termasuk dalam kategori kurang. Sumber belajar yang mendukung materi sistem pencernaan makanan pada manusia salah satunya adalah buku petunjuk praktikum. Hal ini melatarbelakangi peneliti mengembangkan sumber belajar berupa buku petunjuk praktikum dengan metode inkuiri terbimbing terintegrasi nilai-nilai Islam materi sistem pencernaan makanan pada manusia kelas XI IPA 1 di MA NU 03 Sunan Katong Kendal. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini mulai dikembangkan pada tahun 1990-an oleh Reiser dan Mollenda, terdiri dari lima tahapan utama, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini dibatasi hanya sampai pada tahap implementasi skala kecil. Uji kelayakan pada buku petunjuk praktikum ini yaitu dari ahli materi, ahli integrasi, ahli media, dan guru Biologi. Hasil penilaian kelayakan buku petunjuk praktikum dari ketiga dosen ahli dan guru biologi memperoleh kriteria sangat valid dengan persentase ahli materi biologi 88%, ahli integrasi nilai-nilai Islam 93%, ahli media 84%, dan guru biologi sebesar 96%. Apabila dirata-rata maka hasil persentase penilaian validasi kelayakan sebesar 90%, dengan kriteria sangat layak. Sedangkan untuk hasil tanggapan peserta didik skala kecil terhadap buku petunjuk praktikum dalam persentase sebesar 83% dengan kriteria baik atau layak. Jadi buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan oleh peneliti adalah layak digunakan di MA NU 03 Sunan Katong Kendal.