Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi fungsi ditinjau dari multiple intelligences sesuai teori gardner siswa kelas X SMAN 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Kholilah, Aizaul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10402/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10402/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan SKS (Sistem Kredit Semester) dalam pembelajaran siswa kelas X SMAN 1 Kendal. Sistem ini mengharuskan siswa dalam 1 kelas dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan kemampuan pemahaman konsepnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari multiple intelligences pada materi Fungsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 di SMAN 1 Kendal. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara satu tipe kecerdasan dengan tipe kecerdasan lainnya. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tipe kecerdasan logis matematis lebih unggul dibanding tipe kecerdasan lain. Hal ini disebabkan karena karakteristik tipe kecerdasan logis matematis mendukung kemampuannya dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis.Tipe kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal memiliki kemampuan pemahaman konsep yang rendah karena karakteristik yang dimiliki ketiga tipe kecerdasan ini tidak mendukung kemampuannya dalam memecahkan masalah yang membutuhkan pemahaman konsep matematis.