Pengembangan media pembelajaran matematika algebra operation board untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bentuk aljabar kelas VII MTS Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Afifah, Noor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10382/1/Skripsi%20lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10382/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi pada masalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Untuk itu, perlu adanya suatu media yang dapat mengubah materi abstrak menjadi konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Algebra Operation Board pada materi bentuk aljabar yang valid, praktis dan efektif untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (research and development). Prosedur pengembangan media menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian adalah kelas VII J sebagai kelas kontrol dan kelas VII K sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif (analisis statistik uji t-test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran matematika Algebra Operation Board pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar pada aspek kevalidan menurut tim validator ahli (2 dosen) termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi dengan persentase rata-rata 92,3%. Kepraktisan media ini diperoleh dari tanggapan peserta didik dengan persentase rata-rata 78,48% dan guru matematika kelas VII dengan pesentase rata-rata 88,89%, sehingga media Algebra Operation Board termasuk dalam kategori praktis. Keefektifan media terhadap hasil belajar diperoleh rata-rata nilai posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata nilai sebesar 67,45 lebih baik daripada rata-rata nilai posttest hasil belajar kelas control dengan rata-rata nilai sebesar 58,121. Sedangkan dalam analisis hipotest uji t diperoleh t_hitung=2,443> t_tabel=1,667. Jika dilihat dari peningkatannya, hasil perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh N-Gain=0,32, sehingga terdapat peningkatan yang termasuk dalam kategori sedang. Disimpulkan bahwa media Algebra Operation Board efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Kudus pada materi bentuk aljabar.