Pengembangan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 12 Semarang
Main Author: | Tari, Indah Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10377/1/full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10377/ |
Daftar Isi:
- Media adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Sebagian besar siswa di SMA Negeri 12 Semarang mengatakan bahwa media yang digunakan di kelas masih berupa buku, LKS, PPT atapun media yang kurang menarik untuk proses pembelajaran. Hal inilah yang menjadikan dasar peneliti untuk membuat media pembelajaran berupa booklet. Latar belakang permasalahan tersebut menjadikan peneliti merumuskan masalah yang dapat diambil diantaranya bagaimana desain pengembangan booklet insekta, apakah booklet insekta layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi dan apakah booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 12 Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi, untuk menguji kelayakan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi, serta untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas X menggunakan booklet insekta sebagai media pembelajaran biologi di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan bentuk pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan, yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Booklet ini didesain menggunakan aplikasi Corel Draw X7 dalam pembuatan layout. Booklet ini berisi materi insekta yang didalamnya menjelaskan tentang ciri-ciri insekta, klasifikasi insekta, metamorfosis insekta, fisiologi insekta, dan peranan insekta dalam kehidupan manusia. Hasil penelitian yang telah dilakukan diantaranya sebagai berikut; hasil validasi ahli materi sebesar 92,6% dengan kategori sangat baik, validasi ahli media sebesar 94,4% dengan kategori sangat baik, guru sebesar 77% dengan kategori baik, hasil uji coba kelas kecil oleh siswa sebesar 93,3% dengan kategori sangat baik, hasil uji keterbacaan media sebesar 89,26% dengan kategori sangat baik. Hasil angket untuk mengetahui minat belajar siswa sebesar 87,88% dengan kategori sangat baik. Sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak dan mampu untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran biologi.